Rabu, 04 April 2012

Pendapatan Nasional

tulisan kedua


KOMPONEN PENGELUARAN AGREGAT DALAM PEREKONOMIAN
                Perhitungan pendapatan nasional dengan caa pengeluaran, membedakan pengeluaran keatas barang dan jasa yang dihasilkan dalam perekonomian kepada 4 komponen, yaitu: konsumsi rumah tangga, pengeluaran pemerintah, pembentukan modal sector swasta (investasi) dan ekspor neto (ekspor dikurangi impor).
KOMSUMSI RUMAH TANGGA
                Nilai perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tanga untuk membeli berbagai jenis kebutuhannya dalam satu tahun tertentu dinamakan pengeluaran komsumsi rumah tangga atau dalam analisis makroekonomi lebih lazim disebut sebagai komsumsi rumah tangga.
                Barang-barang rumah tangga yang dibeli untuk memenuhi kebutuhannya, dan perbelanjaan tersebut dinamakan komsmsi, yaitu membeli barang dan jasa untuk memuaska keinginan memiliki dan menggunakan barang tersebut. Tidak semua transaksi yang dilakukan oleh rumah tangga digolongkan sebagai komsumsi, Kegiatan rumah tangga untuk membeli rumah digolongkan sebagai investasi.
PENGELUARAN PEMERINTAH
Berbeda dengan rumah tangga, yang membeli barang untuk memenuhi kebutuhannya, pemerintah membeli barang terutama untuk kepentingan masyarakat. Pembelian pemerintah ke atas barang dan jasa dapat digolongkan kepada dua golongan yang utama yaitu :  komsumsi pemerintah dan investasi pemerintah. Yang termasuk dalam golongan yang pertama (komsumsi pemerintah) adalah pembelian atas barang dan jasa yang akan dikomsumsikan, seperti membayar gaji guru sekolah, membeli alat-alat tulis dan kertas untuk digunakan dan membeli bensin untuk kendaraan pemerintah.
Sedangkan  investasi pemerintah meliputi pengeluaran untuk membangun prasarana seperti jalan, sekolah, rumah sakit, dan irigasi. Memberikan beasiswa, bantuan untuk korba banjir, dan subsidi-subsidi pemerintah tidak digolongkan sebagai pengeluaran pemerintah atas produk nasional karena itu bukanlah untuk membeli barang dan jasa.
PEMBENTUKAN MODAL TETAP SEKTOR SWASTA
                Pembentukan modal tetap sector swasta atau lebih sering dinyatakan sebagai investasi, pada hakikatnya berarti pengeluaran untuk membeli barang modal yang dapat menaikkan produksi barang dan jasa di masa akan datang. Peneluaran untuk investasi ini di lakukan bukan untuk dikomsumsi, tetapi untuk digunakan dalam kegiatan memproduksi diwaktu akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar