Rabu, 08 Juni 2011

Nilai Estetika

Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni.
           
            Semua karya sastra atau karya seni memiliki keindahan apabila terdapat keutuhan antara bentuk dan isi, keseimbangan dan keserasian penampilan dari karya seni yang lain. Nilai keindahan akan tampak lebih relatif, jika yang kita perhatikan adalah penilaian atau penghargaan terhadap sastra itu. 
Sastra sebagai cabang seni akan melengkapi sentuhan estetis denganmengembangkan aspek rasa ini demi sempurnanya aspek keindahan dalamsastra, yang dihubungkan dengan tehnik cerita, gaya bahasa, unsur-unsur yanglain sebagai variasinya. Nilai estetika adalah nilai kesopanan dan budi pekertiatau akhlak.

Sumber :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar