Minggu, 08 Januari 2012

TEKANAN BAN

Jangan Kurang, Jangan Lebih

Tak  sekedar alasan kenyamanan, kondisi ban berpengaruh terhadap jaminan keselamatan berkendara. Apalagi mengingat pecah ban masih menjdi faktor yang banyak menyebabkan kcelakaan di jalan raya. Karenanya, ban butuh pula perhatian khusus.
Unsur penting ban adalah tekanan angin. Hanya ban dengan tekanan angin yang benar yang akan berkinerja secara maksimal. Standar tekanan angin yang tepat untuk setiap mobil telah ditetapkan oleh setiap produsennya. Ukuran tekanan angin ban biasanya ditetapkan dalam psi atau dalam kilogram per sentimeter kubik (kg/cm^3).
Tekanan angin ban jangan sampai kurang ataupun berlebih. Jika tekanan angin ban mobil kurang, ban akan mudah mengalami kerusakan pada bagian sisinya akibat panas yang timbul karena gesekan dengan permukaan jalan. Disamping itu, kapasitas angkut pun berkurang dan kendaraan akan boros bahan bakar.
Lakukan pemeriksaan tekanan angin dan ban dengan alat ukur secara berkala, minimal dua minggu sekali atau saat kendaraan akan dibawa dalam jarak jauh. Pemeriksaan tekanan ban harus dilakukan saat ban dalam keadaan dingin (mobil belum dipakai atau baru berjalan kurang dari 1,6 km).
Biarkan suhu ban turun dulu saat kendaraan baru saja dipakai. Ukuran tekanan ban tidak akan tepat saat ban bersuhu tinggi. Hal ini karena tekanan angin ban otomatis meningkat saat suhu didalam ban meningkat.
Saat mobil mengangkut beban ektra atau perjalanan jauh, tekanan ban harus ditambah. Peningkatan tekanan angin hingga 4 psi lebih tinggi dari standar umumnya masih bias ditoleransi.
Pastikan ban mobil anda memiliki tutup pentil yang terpasang dengan benar. Tutup pentil biasanya memiliki klep karet yang membantu mencegah angin keluar, disamping mencegah kotora dan hawa lembab masuk kedalam ban.

Sumber: Kompas edisi 3 juni 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar