bloguez.com

Rabu, 24 Oktober 2012

Sikap Generasi Muda Saat ini terhadap Bahasa Indonesia


Bahasa Indonesia tidak akan terlepas dari kebudayaan bangsa Indonesia karena bahasa Indonesia dijadikan alat berkomunikasi dengan berbagai suku di tanah air. Bahasa Indonesia di terapkan mulai sejak kanak-kanak, dan orang tua pun harus ikut serta untuk membimbing anak agar tidak salah berbicara dengan Bahasa Indonesia. Metode pengajaran bahasa Indonesia tidak dapat menggunakan satu metode karena bahasa Indonesia sendiri yang bersifat dinamis. Bahasa Indonesia sendiri bukan sebagai ilmu tetapi sebagai kebiasaan yang dilakukan. Sehingga penggunaan metode yang tepat perlu dilakukan.

Masyarakat Indonesia juga harus penuh motivasi untuk menjaga dan melestarikan metode bahasa Indonesia yang tepat dan baik melalui rajin membaca, karena dengan membaca kita akan kaya kosa kata dan dapat mencontoh bahasa yang baik agar dapat menulis dengan baik. Rajin membaca dan menulis berarti melestarikan salah satu karakter budaya bangsa yaitu bahasa Indonesia.

Pada jaman saat ini, mungkin agak sulit bagi generasi muda untuk membudayakan ataupun melestarikan bahasa indonesia, sehubungan dengan banyak bahasa-bahasa yang masuk ke Negara kita bangsa Indonesia. Dengan demikian abnyak bahasa-bahasa yang aneh yang di sebut bahasa gaul. Bahasa indonesia mungkin hanya bisa terdengar dari generasi muda saat ini pada sebuah acara yang dapat dibilang formal seperti pada saat presentasi di salah satu Acara TV. Hal ini, dikarenakan faktor lingkungan internal dan eksternal yang secara tidak langsung mempengaruhi generasi saat ini untuk tidak menggunakan bahasa indonesia secara baku.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar